Senin, 04 April 2011

Perbedaan Format Audio

  

Jenis-Jenis Format Audio
1. MP3 ( MPEG Layer 3 Audio)
Yaitu format audio yang paling dikenal oleh pengguna ponsel. Sebuah file mp3 yang mempunyai bitrates dari yang paling rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.
2. WAV ( Waveform Audio Format )
Merupakan salah satu format audio yang dipergunakan didalam ponsel. Standar format audio ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.
3. WMA ( Windows Media Audio )
Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada mp3. Piranti lunak dan piranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format mp3.
4. Format Audio Interchange File Format (AIFF)
File AIFF merupakan format file audio standar yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya, yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1988. Standar dari file AIFF adalah uncomressed code pulse-modulation (PCM), namun juga ada varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF AIFF-C atau aifc, dengan berbagai kompresi codec.
5. OGG
Format OGG sama halnya dengan MP3 memiliki kapasitas yang relative rendah. Karena format file audio OGG juga telah melalui proses kompresi dengan menghilangkan file-file suara yang tidak diperlukan (noise). Hanya saja format audio ogg jarang digunakan untuk media player portable seperti handphone, MP3/MP4 player, dll.
6. SES
Merupakan format file adobe audition. File yang sudah disimpan kedalam format ses dapat dilakukan pengeditan ulang melalui program adobe audition. Format ses memiliki ukuran yang relative kecil karena format ses tidak menyimpan file sound tapi hanya menyimpan struktur pengeditan pada program adobe audition sedangkan file soundnya hanya berupa alamat. Untuk membuka file ses gunakan adobe audition. 

PERBEDAAN UKURAN FILE
Setelah saya lakukan editing Audio dan saya lakukan export dengan ke-enam format audio diatas dan hasil masing-masing ukuran file nya adalah sebagai berikut:
  • AIFF     : 7,753 kb
  • MP3     : 473 kb
  • OGG    : 478 kb
  • WAV    : 10,339 kb
  • WMA   : 6,238 kb
  • SES      : 297 kb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar